Rabu, 28 September 2011

T. Dokumentasi Aplikasi Part 3


Pada pertemuan ketiga ini membahas tentang seperti apa buku yang baik, syarat buku yang baik itu seperti apa, apa yang harus dilakukan untuk menjamin dokumentasi, langkah penulisan, serta penjelasan tentang model manual yang dibuat.
Buku yang baik itu relative jadi tergantung dari pembacanya (mengerti apa tidak terhadap isi dari buku tersebut). Buku yang baik harus sesuai dengan persyaratan,  syarat-syaratnya adalah apabila publikasi itu punya nilai tambah maka buku itu bagus, informasi tidak sulit untuk diperoleh, pelanggan tidak perlu Tanya bias bekerja lebih cepat, pelatihannya lebih rendah biayanya, akan memberikan batasan yang rendah kepada pembaca sehingga pembaca tertarik membaca, dibutuhkan oleh macam-macam komunitas, tidak perlu turun ke lapangan terlalu sering untuk membenahi permasalahan, meningkatkan penjualan.
Tiga yang biasa dilakukan untuk menjamin dokumentasi yaitu standart ISO (format penulisan huruf, bentuk tulisan, penggunaan istilah, bahasa yang digunakan & singkatan-singkatan, pengaturan publikasinya bagaimana, daftar pustaka, penjelasan bagian), orangnya mengerti apa yang ditulis, menggunakan alat yang baik. Terdapat pula enam langkah dalam proses penulisan yaitu menganalisa pendengar, membuat definisi pokok, membuat definisi detail, memilih style dan format yang digunakan, menulis manual,harus ada yang membaca dahulu sudah legal atau belum. Empat model manual yang biasa dibuat bersama software berikut beserta penjelasannya:
·   Pengenalan Manual: tujuannya akan memberikan gambaran umum terhadap produk yang mungkin akan menarik. Style harus jelas, pembaca harus ingin untuk melanjutkan membaca.
·   Trainning Manual: tujuan supaya orang itu belajar, memperkenalkan user sistemnya/produknya, harus sebagai pembimbing. Isinya ada setiap bab, ada tujuan dan pembatasan, tidak membicarakan produknya seperti apa. Style mudah dibaca, harus sering mengulang perintah-perintah, ada jaminan kalau ada masalah cara pembenaannya, ada instruksi step by step, antisipasi kesalahan, harus ada pendamping, audience harus mengerti jangan meninggalkan pertanyaan kepada pembaca.
·   User Manual: tujuannya usernya sudah paham terhadap isinya, memperkenalkan sistem itu bisa apa saja, bagaimana produk itu digunakan, menunjukan caranya. Isi harus fokus(tidak kemana-mana), menyeluruh(orang membaca lebih enak). Style tetap ada langkah-langkah tetapi tidak semudah trainning.
·   References Manual:tujuannya kesalahan apapun bisa dicari, pengetahuannya untuk semua orang. Style menjelaskan langsung, orang sudah paham alurnya, tersedia index.
Semua model buku pastinya harus bisa membantu pembacanya untuk menyelesaikan masalah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar